Wisata Tana Toraja : Negeri Di atas Awan

Posted by

Advertisement

Wisata Tana Toraja : Negeri Di atas Awan- Jika mendengar kata "Negeri Di atas Awan" kemungkinan yang ada dibayangan anda adalah suatu tempat yang letaknya lebih tinggi dari awan. Memang benar sekali ada suatu kampung di Sulawesi Selatan yang menjadi destinasi wisata terkenal karena pada waktu tertentu kita bisa menyaksikan awan dari ketinggian tertentu. Namanya kampung Lolai kecamatan Kapalapitu, kampung ini terletak di kabupaten Toraja Utara, Provinsi Sulawesi Selatan.

Saat pertama kali datang kesini, saya sangat terpukau dengan keindahan yang disajikan kampung Lolai ini. Kampung Lolai ini terdapat pada daerah pegunungan yang puncaknya bisa dijangkau oleh para wisatawan dan memang dijadikan salah satu tempat wisata wajib di Toraja Utara. Begitu sampai puncak Lolai, kita bisa melihat hamparan awan yang terlihat solid di bawah kita. Berdasarkan informasi dari Tour Guide di sana, tidak setiap saat awan bisa terlihat solid dan menyatu tergantung dari kondisi cuaca pada saat itu. Alhamdulillah pada saat saya datang ke Negeri Di atas Awan ini, Alam sangat mendukung, cuaca begitu cerah dan awan pun terlihat muncul tanpa malu-malu.
Negeri di atas awan
Negeri di atas awan Tana Toraja

Sebagai informasi saja, dipastikan kalau mau kesini di bawah jam 9 pagi ya,  biasanya gugusan awan akan sangat terlihat jelas antara jam 7.30-8.30 pagi. Jika kalian mau lebih pagi juga bisa karena dari jam 5 pagi di kampung Lolai ini sudah mulai ramai pengunjung. Wisata Negeri di atas awan Tana Toraja sangat terkenal diantara pecinta travelling. Rata-rata para traveler melakukan perjalanan ke Tana Toraja pada waktu sore atau siang hari. Setelah sampai,  bisa menginap di beberapa hotel yang ada di Rantepao kota Toraja Utara. Perjalanan menuju puncak Lolai dilakukan pada waktu pagi hari mulai dari Rantepao sekitar jam 5 pagi. Lama perjalanan kurang lebih sekitar 1 jam. Ada beberapa alternatif perjalanan menuju puncak Lolai jika anda tidak membawa kendaraan sendiri diantaranya adalah naik angkot dan Ojek. Ongkos naik angkot dari Rantepao ke puncak Lolai sekitar 20ribu sedangkan ongkos Ojek sekitar 30-30 ribu sekali jalan. 

Selain pemandangan gugusan awan, di kampung Lolai ini juga terdapat beberapa rumah tongkonan. Rumah tongkonan merupakan rumah adat dari suku Toraja. Rumah adat ini bisa disewakan untuk homestay dengan kesepakatan langsung pemilik rumah karena pengelolaan wisata masih dari masyarakat langsung. Rumah tongkonan memiliki bentuk yang unik sehingga banyak dimanfaatkan para pengunjung untuk melakukan foto bersama. Selain itu anda juga bisa bersantai-santai di teras rumah sembari minum kopi toraja yang sangat terkenal khas rasanya. 

Perjalanan menuju tempat wisata negeri di atas awan kampung lolai Tana Toraja bisa dilakukan dari berbagai alternatif di antaranya 
  1. Apabila dari luar Sulawesi, anda bisa naik pesawat tujuan Makassar (bandara Sultan Hasannudin) kemudian naik pesawat lagi dari makassar ke Toraja (Bandara Potingku). Dari Bandara Potingku bisa naik taksi ke hotel di Rantepao.
  2. Melalui Jalur darat menggunakan Bus. Setelah sampai di kota Makassar, anda bisa naik Bus tujuan Toraja dengan perjalanan sekitar 9 jam. 
Hal-hal yang perlu disiapkan apabila akan berkunjung ke Negeri di atas awan kampung Lolai adalah perlengkapan pribadi seperti jaket dan obat-obatan. Demikian ulasan dan pengalaman saya ketika berwisata ke tana toraja semoga bermanfaat. 


Blog, Updated at: 02:58

0 comments:

Post a Comment

Follow

Fanspage