Air terjun benang kelambu, wisata air terjun di lombok tengah

Posted by

Advertisement

Air terjun benang kelambu sangat terkenal bagi para traveler-traveler di Indonesia. Air terjun ini terletak tidak jauh dari air terjun benang stokel. Sebenarnya tulisan ini adalah lanjutan dari tulisan sebelumnya Air terjun benang stokel, wisata pegunungan yang sejuk. Pada artikel tersebut sudah dibahas bagaimana cara menuju kesana. Air terjun benang kelambu memang berbeda dengan air terjun stokel. Menurut saya lebih bagus air terjun benang kelambu. Sesuai dengan namanya air yang berjatuhan seperti kelambu. 

Air terjun benang kelambu terletak di di dusun Pemontoh, desa Aik berik, kecamatan batu keliang utara, kabupaten lombok tengah. Jika dari kota Mataram menuju air terjun benang kelambu membutuhkan waktu sekitar 1 jam. Apabila menginap di daerah Senggigi, membutuhkan waktu 2 jam perjalanan. Paket wisata ini jadi satu dengan air terjun benang stokel. Namun perjalanan kaki dari pos ke lokasi membutuhkan waktu 1 jam dengan jalan naik turun. 

Apa yang istimewa dari air terjun benang kelambu? Karena air terjun ini sudah sangat familiar di beberapa blog nusantara, maka saya hanya sedikit mengulas saja . Dibanding dengan air terjun benang stokel, air terjun benang kelambu sangat cocok dijadikan background foto. 
 

Air yang berjatuhan dari tebing menyerupai benang kelambu seperti pada foto di atas. Tidak heran banyak wisatawan yang berdatangan. Namun untuk saat ini yang masih mendominasi adalah wisatawan domestik. 

Ketika saya membeli tiket untuk masuk ke air terjun benang kelambu ini saya ditawari mau jalan kaki atau pakai ojek. Saya sengaja memilih untuk jalan kaki sambil menikmati perjalanan. Harga tiket yang dibeli sekalian paket air terjun benang stokel yaitu 20000/orang. 

Setelah kurang lebih berjalan selama 1 jam akhirnya sampai juga di air terjun benang kelambu. Berbeda dengan air terjun benang stokel di sini saya harus menuruni banyak anak tangga untuk sampai di air terjun benang kelambu. Namun semua kelelahan terbayar dengan dinginnya air yang mengalir. Sayangnya pada saat ke sana pas hari libur jadi sangat penuh dengan pengunjung. 
 

 
Beberapa tips buat temen-temen yang akan berkunjung di air terjun benang kelambu adalah 
  1. Apabila merasa tidak kuat jalan sebaiknya menyewa ojek karena lebih praktis dan efisien waktu.
  2. Sebaiknya tidak membawa barang-barang yang banyak dan berat karena jalur lumayan berliku dan naik turun tangga. 
  3. Sebaiknya membawa baju ganti kalau mau mandi di sana karena banyak wisatawan lain yang mandi di sana. 


Blog, Updated at: 04:09

0 comments:

Post a Comment

Follow

Fanspage