Air terjun benang stokel, wisata pegunungan yang sejuk

Posted by

Advertisement

Siapa yang tidak kenal dengan air terjun. Air terjun merupakan aliran air dari pegunungan yang jatuh ke bawah karena topografi tanah yang berbeda jauh sehingga menimbulkan air yang berjatuhan. Salah satu wisata air terjun yang cukup terkenal di pulau Lombok adalah air terjun benang stokel. Air terjun benang stokel mempunyai daya tarik tersendiri bagi para wisatawan domestik dan manca. 

Perjalanan saya kali ini sengaja untuk mengunjungi air terjun benang stokel karena penasaran dengan namanya kenapa dinamakan benang stokel. Usut punya usut konon nama benang stokel diambil karena air yang terjun dari tebing berbentuk seperti benang stokel yang menggumpal. 

Air terjun benang stokel terletak di dusun Pemontoh, desa Aik berik, kecamatan batu keliang utara, kabupaten lombok tengah. Jika dari kota Mataram membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan dengan kendaraan untuk sampai di basecamp atau pos. Untuk menuju air terjun benang stokel harus berjalan kaki sekitar 500 m dari pos. 

Setelah menikmati keindahan pantai Selong Belanak dan pantai Mawun di pesisir selatan, saya langsung menuju air terjun benang stokel. Oh ya disini ternyata tidak hanya 1 air terjun saja melainkan ada beberapa air terjun lain yang cukup terkenal salah satunya adalah Air terjun benang kelambu. 

Pertama yang dilakukan setelah sampai di air terjun benang stokel adalah membeli tiket di pos. Harga tiket tergantung dari paket yang mau diambil. Saya mengambil paket untuk air terjun benang stokel dan air terjun benang kelambu. Harga tiket masuk sekitar 20000/orang. Oh ya disini kita juga disediak guide lokal yang akan mengantarkan kita sampai di air terjun benang stokel dan air terjun benang kelambu. 

Jika anda merasa tidak kuat untuk jalan kali menuju air terjun bisa menyewa ojek motor. Perjalanan dari pos smpai air terjun benang stokel membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Jika beruntung anda akan bertemu dengan kawanan monyet-monyet di jalan setapak. Namun inget jangan membawa makanan yang mencolok atau yang bisa mengundang monyet untuk mengambilnya. 

Akhirnya setelah 30 menit berjalan sampai di air terjun benang stokel. Udara sejuk dan suara gemricik air menyambut. Tentunya disana sudah ada beberapa wisatawan lain yang bermain air.  Karena saya dan istri harus melanjutkan perjalanan ke air terjun benang kelambu, kami hanya mampir sebentar saja untuk foto saja. 
 


Beberapa tips buat temen-temen yang akan berkunjung di air terjun benang stokel adalah 
  1. Apabila merasa tidak kuat jalan sebaiknya menyewa ojek karena lebih praktis dan efisien waktu.
  2. Sebaiknya tidak membawa barang-barang yang banyak dan berat karena jalur lumayan berliku dan naik turun tangga. 
  3. Sebaiknya membawa baju ganti kalau mau mandi di sana karena banyak wisatawan lain yang mandi di sana. 


Blog, Updated at: 04:59

0 comments:

Post a Comment

Follow

Fanspage