Wisata taman tebing Breksi Yogyakarta

Posted by

Advertisement

Tebing breksi adalah sebuah taman piknik yang dibuat oleh warga sekitar akibat dari pemberhentian sebuah tambang batu kapur. Tempat ini memang bekas pertambangan batu kapur yang dulunya menjadi mata pencaharian warga sekitar namun pada suatu hari pemda mengeluarkan larangan kegiatan pertambangan akibat adanya penelitian tentang batu kapur yang menghasilkan sebuah kajian bahwa batuan kapur breksi ternyata adalah endapan abu vulkanik dari gunung api purba Nglanggeran. Oleh karena itu tebing breksi ini masuk dalam cagar budaya dan harus dilestarikan. 

Lokasi Taman Tebing Breksi adalah desa Sambirejo Kecamatan Prambanan Sleman Yogyakarta. Tebing breksi sangat berdekatan dengan objek wisata situs candi Ijo yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya Indahnya sunset di candi Ijo Yogyakarta

Taman tebing breksi ini berupa batuan kapur yang sangat besar setinggi kurang lebih 30 meter sehingga kita bisa naik melalui tangga dan bisa menyaksikan pemandangan kota jogja dari sini. Selain itu, saat ini sedang dilakukan proses peningkatan fasilitas seperti pembuatan semacam panggung hiburan yang berada di bawah. Jika anda bertanya hiburan apa saja yang ada di sini? jawabannya tiap orang tentu akan berbeda-beda karena memang taman tebing breksi ini sangat cocok untuk bersantai-santai di atas sambil menikmati sunset. Dan bagi penggemar fotografi tempat ini bisa dijadikan spot-spot fotografi dengan mengambil background batu besar di belakangnya. 
Tebing Breksi

Rute menuju teman tebing breksi Yogyakarta ini sangat mudah. Biasanya orang-orang akan mengambil arah dari candi Prambanan. Pada pertigaan pasar prambanan ambil ke kanan ke jalan raya piyungan. Sekitar 3 km akan menemukan pertigaan sebelum SDN Sambirejo (cari petunjuk arah ke candi Ijo) lalu belok kiri. Dari pertigaan ini masih menempuh perjalanan sekitar 1 km. Pada saat saya berkunjung ke tebing breksi ini, kondisi jalannya banyak berlubang dan rusak oleh karena diperlukan kehati-hatian dalam berkendara. 

Biaya tiket masuk ke taman tebing breksi ini seikhlasnya untuk retribusi daerah dan biaya parkir untuk sepeda motor Rp 2000,- sedangkan mobil sekitar Rp 5000,- saja. 

Fasilitas yang ada di taman tebing breksi ini cukup dibilang lumayan lengkap antara lain masjid, toilet, foodcourt, panggung hiburan, dan sebagainya. 
Tebing Breksi

Tips ketika akan berkunjung di tebing breksi adalah usahakan sore hari agar tidak terlalu panas. Bagi kaum perempuan untuk tidak menggunakan sepatu high heel yang terlalu tinggi karena akan menyusahkan diri sendiri ketika naik tangga. Selalu hati-hati ketika sudah sampai di atas tebing breksi karena pagar pengaman masih sebatas tali saja. 


Blog, Updated at: 07:01

1 comments:

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Wisata taman tebing Breksi Yogyakarta
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Indonesia yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Indonesia

    ReplyDelete

Follow

Fanspage