Indahnya sunset di Candi Ijo Yogyakarta

Posted by

Advertisement

Bangunan candi memang selalu identik dengan keindahan susunan batu yang sangat rumit dan bernilai budaya tinggi apalagi dalam relief batu tersirat sebuah kisah pada jaman terdahulu. Di Yogyakarta tepatnya di Desa Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman terdapat sebuah komplek candi yang berada pada dataran tinggi yang dinamakan dengan candi Ijo. Candi Ijo ini memang terletak paling tinggi diantara candi-candi lainnya di sekitaran Yogyakarta. Karena lokasinya yang tinggi, pemandangan kota yogyakarta pun bisa disaksikan dari candi Ijo ini.

Candi Ijo merupakan komplek candi bercorak Hindu yang diperkirakan dibangun antara abad ke-10 dan ke-11 pada jaman kerajaan Medang di periode Mataram. Posisi candi ini menghadap  ke arah barat. Candi utama didampingi oleh beberapa candi pewara atau candi pendamping. Candi ini berdiri tepat diatas bukit yang dinamakan Gumuk Ijo dengan ketinggian 425 mdpl. Bukit tersebut merupakan bagian dari perbukitan Batur Agung.


Candi Ijo Yogyakarta
Lalu apa saja yang bisa dinikmati jika sedang piknik di candi Ijo ini?
Wisata candi Ijo ini memang sudah terkenal di beberapa media sosial bahkan di blog-blog sudah banyak dibahas mengenai keindahan sunset di candi Ijo ini. Dengan kata lain jika anda ingin berkunjung di candi Ijo sebaiknya pilih hari yang cerah dan menjelang sore tentunya. Banyak sekali pengunjung yang datang untuk menikmati sunset dari lokasi ini. Apalagi bagi pengunjung penggemar fotografi, bisa digunakan sebagai spot fotografi. 

Bagaimana cara menuju lokasi candi Ijo?
Candi Ijo ini terletak di sebelah timur kota Yogyakarta berjarak sekitar 28 km. Untuk menuju lokasi candi Ijo sangat mudah. Anda bisa lewat jalan Jogja-Solo kemudian menuju jalan Raya Piyungan. Pada jalan raya piyungan terdapat papan arah ke candi Ijo. Belok kiri dan ikuti petunjuk arah menuju candi Ijo. 

Jika anda sudah melewati objek wisata taman breksi maka perjalanan menuju candi Ijo sudah semakin dekat. Yang sangat disayangkan ketika saya berkunjung ke candi Ijo adalah infrastruktur jalan yang banyak mengalami kerusakan. Kita berharap pemerintah setempat segera memperbaiki akses menuju objek wisata candi Ijo apalagi antusias pengunjung pada saat hari libur sangat besar. 

Untuk tiket masuk ke candi Ijo ini sekitar Rp.10.000,-/orang. Di lokasi candi Ijo ini memang belum terlalu banyak pedagang-pedagang atau warung-warung makanan. 

Komplek candi Ijo tidak terlalu luas sehingga anda bisa berkeliling dalam waktu yang singkat setelah itu bisa bersantai-santai menghadap arah kota Yogyakarta untuk menunggu sunset. Berikut foto-foto hasil kunjungan ke candi Ijo.
Candi Ijo Yogyakarta
Candi Ijo Yogyakarta
Candi Ijo Yogyakarta
Jika sudah puas jalan-jalan di candi Ijo ini kita bisa mampir ke taman tebing breksi yang lokasinya tidak terlalu jauh dari sini. Selengkapnya bisa baca artikel Wisata teman tebing breksi Yogyakarta




Blog, Updated at: 21:04

0 comments:

Post a Comment

Follow

Fanspage