Candi Sambisari Kalasan Yogyakarta

Posted by

Advertisement

Candi sambisari merupakan bangunan candi yang terletak dusun Sambisari, Desa Purwomartani, kecamatan Kalasan, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi candi Sambisari memang tidak terlalu jauh dengan kawasan candi Prambanan sekitar 4 km. Sedangkan jarak dari kota Yogyakarta sekitar 15 km. 

Banyak sekali yang penasaran dengan candi Sambisari ini termasuk saya. Ketika saya berkunjung di Candi Sambisari ini tidak terlalu ramai pengunjung karena kebetulan pas bukan hari libur. Memang tujuan saya adalah untuk menggali informasi tentang candi Sambisari ini dan tentu untuk menikmati keindahannya.
Candi Sambisari
Saat pertama datang, saya sama sekali tidak melihat adanya sebuah candi namun setelah masuk ke dalam ternyata candi Sambisari ini terletak sekitar 7 meter di bawah permukaan tanah sekitarnya. Walaupun candi ini kecil saya melihat justru banyak keunikan dan estetika yang tinggi karena perawatan dari pihak pengelola candi ini pun sangat bagus. Terlihat dari tempat yang bersih dan rapi, kemudian ditanami rumput yang hijau. Sangat cocok buat liburan keluarga. 

Beberapa informasi yang saya dapat dari petugas di sana adalah candi Sambisari merupakan candi Hindu yang dibangun pada awal abad ke-9 oleh Rakai Garung, seorang raja Mataram Hindu dari Wangsa Syailendra. Candi ini digunakan untuk memuja dewa Syiwa. Walau kelihatan sederhana namun pembangunan candi ini setidaknya membutuhkan kurang lebih 21 tahun untuk rekonstruksi yang dilakukan oleh para arkeolog sehingga pada saat ini candi Sambisari terlihat indah dan menawan. 
Candi Sambisari
Candi Sambisari

Candi Sambisari pertama kali ditemukan oleh seorang petani yang sedang menggarap sawahnya pada tahun 1966. Tiba-tiba menemukan sebuah batu yang diduga sebagai peninggalan sejarah. Betul saja, setelah dilaporkan ke pemerintah daerah ternyata area sawah tersebut merupakan kawasan candi. Kemudian dilakukan penggalian dan pengumpulan batu-batu candi yang akhirnya bisa direkonstruksikan menjadi candi Sambisari seperti saat ini.


Candi Sambisari terdiri dari kompleks candi Induk dan 3 candi pewara atau candi pendamping dengan dikelilingi pagar batu 2 lapis. Candi-candi tersebut dikelola dengan baik oleh pihak pengelola sehingga menjadikan candi Sambisari sebagai objek wisata yang sering dikunjungi banyak wisatawan. 

Beberapa keunikan dan keindahan yang ada di Candi ini antara lain.
  1. Candi ini mempunyai halaman yang cukup luas yang ditanami rumput-rumput hijau sehingga sangat nyaman untuk piknik keluarga. 
  2. Candi Sambisari terletak di bawah permukaan tanah sekitarnya sehingga sangat bagus anglenya untuk mengabadikan momen bersama keluarga atau pasangan. Bahkan tidak jarang banyak sekali yang melakukan foto prewedding di sini. 
  3. Tempatnya sangat bersih dan terawat. 
  4. Biaya sangat terjangkau Rp5000-10000,-/orang
Bagaimana anda tertarik untuk datang ke sini? Jangan lupa setelah datang ke sini harus datang juga ke Candi Plaosan Lor dan Candi Ijo yang dijamin tidak kalah indah.


Blog, Updated at: 08:10

0 comments:

Post a Comment

Follow

Fanspage