Berenang dengan Ubur-ubur di pulau Kakaban Kalimantan Timur

Posted by

Advertisement

Salah satu destinasi menarik untuk wisata bersama keluarga dan teman di kalimantan timur adalah pulau Kakaban. Pulau kakaban merupakan sebuah pulau yang terletak tidak jauh dari pulau Maratua dan pulau Derawan. Pada artikel sebelumnya Indahnya pulau Maratua, sudah diulas mengenai paket wisata di kepulauan derawan yang meliputi pulau maratua, kakaban dan sangalaki. Pada artikel ini akan dibahas lebih detail lagi mengenai pulau Kakaban. 

Pulau Kakaban mempunyai luas sekitar 774 hektar dan masih berada di kawasan kepulauan derawan kabupaten Berau kalimantan Timur. Di pulau kakaban terdapat sebuah danau purba yang berisi ratusan ubur-ubur yang tidak menyengat. Jika biasanya ubur-ubur di laut sangat berbahaya dan menyengat. Ubur-ubur di pulau Kakaban sama sekali tidak menyengat. 
Ubur-ubur pulau kakaban. ig. @syamsularifin91

Danau kakaban berisi air payau yang dihuni oleh beberapa jenis ubur-ubur antara lain spesies ubur-ubur berbadan bening seperti piring kaca (Aurelia aurita), ubur-ubur yang mungil seukuran ujung jari telunjuk (Tripedalia cystophora), ubur-ubur dengan seukuran kepalan tangan seperti bola lampu pijar berwarna kecoklatan (Mastigias Papua), ubur-ubur cassiopeia ornata yang menjadi trademark pulau Kakaban. Cara berenang ubur-ubur ini terbilang unik yaitu berenang secara terbalik dengan menghadapkan tentakel ke atas. 
Ubur-ubur pulau kakaban. ig. @syamsularifin91
Ubur-ubur di pulau kakaban terbilang sangat langka di dunia karena kehilangan kemampuan menyengatnya. Tidak heran jika banyak pengunjung yang berani berinteraksi langsung dengan ubur-ubur seperti menyentuh dan memegang dalam air. Tapi ingat jangan sekali-sekali mengeluarkannya dalam air karena bagaimana pun juga ubur-ubur ini hanya bisa hidup dalam air. 

Beberapa fasilitas yang ada di pulau kakaban ini memang belum terlalu lengkap. beberapa fasilitas yang tersedia antara lain toko snack dan minuman, dermaga kecil untuk bersandar perahu, dan jalan berupa tangga kayu. Dermaga kecil ini mempunyai panjang sekitar 50 m. Kemudian jalan agak naik lalu jalan turun. Disarankan untuk menggunakan pelampung dan kacamata saat akan berenang bersama ubur-ubur jika belum bisa berenang karena danau tersebut sangat dalam. 
Pintu masuk pulau kakaban. ig. @syamsularifin91

Ubur-ubur pulau kakaban. ig. @syamsularifin91

Setelah puas bermain dengan ubur-ubur, kami melanjutkan ke tujuan selanjutnya yaitu pulau Sangalaki. Ada apa dengan pulau sangalaki? Baca artikel berikutnya. 


Blog, Updated at: 03:50

0 comments:

Post a Comment

Follow

Fanspage