Menikmati pantai Sundak di Gunung Kidul

Posted by

Advertisement

Pantai masih menjadi tempat wisata favorit yang sering dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun manca negara. Banyak hal yang bisa wisatawan lakukan ketika berwisata di pantai seperti berjemur, duduk santai di pinggir pantai, berenang dan sebagainya. Selain itu, di beberapa pantai di Indonesia juga sering digunakan untuk olah raga air (water sport) sehingga tidak heran jika wisata pantai selalu ramai dengan pengunjung terutama pada saat musim liburan.

Salah satu pantai yang cukup terkenal di gunung kidul, Yogyakarta adalah pantai Sundak. Yang membuat terkenal dan banyak pengunjung di pantai sundak ini adalah pasir yang putih dan lokasi yang bersih. Sudah tidak diragukan lagi jika pasir putih selalu menjadi daya tarik wisatawan baik domestik maupun luar negeri. 

Pantai sundak memiliki sejarah asal usul pemberian nama sundak. Berdasarkan informasi yang diperoleh keterangan bahwa sundak berasal dari dua kata yaitu Asu (Anjing) dan Landak. Sekitar tahun 1976, terjadi suatu peristiwa seekor anjing berlarian di daerah pantai dan memasuki gua karang bertemu dengan seekor landak laut. Karena si anjing sedang lapar bermaksud untuk memakan landak laut tersebut akan tetapi si landak menghindar dan terjadilah perkelahian yang dimenangkan oleh si anjing. Sedangkan si landak kondisinya tinggal setengah karena di makan oleh anjing. Itulah mengapa pantai ini dinamakan pantai sundak. 

Pantai Sundak berbeda dengan pantai lainnya seperti Indrayanti, Pok Tunggal, maupun Jogan. Yang membuat berbeda adalah pantai sundak memiliki batu karang kecil-kecil yang diselimuti lumut. Di dalam karang tersebut juga terdapat hewan-hewan laut kecil. 

Alamat pantai sundak terletak di dusun pule gendes, desa sidoharjo, tepus, gunung kidul. Akses menuju lokasi tersebut tidak terlalu sulit terutama bagi anda yang akan menggunakan bus dari kota jogja. Apabila ingin naik bus, bisa berangkat dari terminal giwangan dengan tujuan pasar wonosari. Setelah sampai di pasar wonosari ganti dengan kendaraan bus kecil dengan jurusan pantai baron atau krakal tetapi turun di pantai sundak. Akses-akses menuju pantai-pantai di gunung kidul terbilang sangat mudah. Apalagi saat ini sudah tersedia fasilitas GPS pada smartphone.

Harga tiket masuk di pantai sundak ini sekitar Rp. 5000,-/orang. Sedangkan fasilitas-fasilitas di sana sudah lumayan lengkap seperti gubug-gubug kecil untuk disewakan, warung-warung makanan minuman, toilet, parkir kendaraan, ruang bilas dan sebagainya. 




Blog, Updated at: 18:35

0 comments:

Post a Comment

Follow

Fanspage