Wisata arung jeram (rafting) di kali Elo Magelang

Posted by

Advertisement

Pada kesempatan ini saya akan berbagi pengalaman dan cerita seru berpetualang di kali Elo menggunakan perahu karet atau sering disebut dengan arung jeram. Arung jeram merupakan alternatif wisata sekaligus olah raga menggunakan perahu menyelusuri jeram-jeram yang ada di kali Elo. Mengapa disebut olah raga? karena kita akan lebih banyak menggunakan tenaga tangan untuk mendayung dan mengatur pergerakan perahu. Oleh karena itu, arung jeram (rafting) ini biasa dilakukan bersama tim atau kelompok. Biasanya 1 tim terdiri dari maksimal 8 orang termasuk 1 skipper. Skipper adalah pemandu arung jeram yang memimpin sekaligus mengatur segala pergerakan perahu karet selama mengarungi jeram di sungai.  Skipper biasanya duduk di paling belakang karena untuk memudahkan mengontrol anggota.

Kali Elo Magelang memang sudah terkenal dengan  spot-spot jeram yang menarik. Selain itu di sini juga cocok untuk kelas pemula seperti saya. Bagi anda yang tidak bisa berenang tidak perlu khawatir karena semua perlengkapan keamanan seperti pelampung dan helm akan diberikan.

Menyusuri kali Elo ini membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam dengan spot-spot jeram yang sedang dan tidak berbahaya namun memacu adrenalin. Start point keberangkatan di Desa Blondo sedangkan garis finishnya di Desa Mendut. Untuk menuju ke start point akan difasilitasi transportasi dari basecamp menuju start point tersebut dengan kendaraan mobil.

Pada hari Sabtu-Minggu dan hari libur, jumlah peserta arung jeram di Kali Elo biasanya akan lebih banyak dibanding hari-hari yang lain. Agen biasanya akan membuka trip mulai dari pukul 08.00 s/d 14.00.

Banyak hal menarik yang dapat ditemukan ketika mengarungi jeram di Kali Elo. Selain berolahraga, kita juga mendapatkan pemandangan-pemandangan yang menarik sepanjang jalur arung jeram. Kebetulan ketika saya arung jeram bukan musim penghujan sehingga air lumayan bening. Pada spot-spot tertentu terdapat perairan yang tenang, tanpa basa basi saya dan teman-teman langsung menceburkan diri ke air.

Berenang

Harga tiket untuk wisata arung jeram (rafting) ini berkisar 100.000-150.000/orang dengan minimal peserta 5 orang. Biasanya fasilitas-fasilitas yang didapatkan antara lain
  1. Makan siang di basecamp
  2. Transportasi dari basecamp menuju start point dan finish point kembali ke basecamp. 
  3. 1 paket konsumsi seperti jajanan pasar dan minum kelapa muda di pinggi kali Elo
  4. Perlengkapan safety seperti helm, pelampung, river guide, perahu karet dan lain-lain
DI Basecamp
Start Point
Berenang :D
Istirahat









Blog, Updated at: 23:52

0 comments:

Post a Comment

Follow

Fanspage