Tips naik pesawat pertama kali

Posted by

Advertisement

Pesawat merupakan sarana transportasi udara yang sering digunakan untuk jarak jauh tanpa membutuhkan waktu yang lama. Untuk saat ini pesawat sudah umum digunakan di masyarakat. Selain waktunya yang lebih cepat dibandingkan dengan transportasi darat, tiket pesawat bisa beli secara mendadak sehingga tidak perlu khawatir kehabisan tiket. Namun sebaiknya untuk pembelian tiket jangan terlalu mendadak karena harganya tentu lebih mahal. 

Pesawat memiliki prosedur yang berbeda dengan transportasi darat ketika akan naik pesawat. Bagi penumpang yang belum pernah naik pesawat sebaiknya perhatikan terlebih dahulu prosedur-prosedur masuk bandara agar tidak bingung ketika sudah di bandara. Proses masuk di Bandara ini lebih lama karena terdapat beberapa pemeriksaan dari petugas. Berikut ini tips naik pesawat pertama kali. 

1. Membeli Tiket
Pembelian tiket pesawat bisa dilakukan dengan online atau pun langsung di Bandara. Saat ini sudah banyak aplikasi-aplikasi android yang menyediakan pembelian tiket sehingga kita tidak perlu capek-capek ke bandara. Cara pembelian tiket online bisa melalui beberapa aplikasi. Dari aplikasi ini kita mendapatkan Kode Booking. Kode Booking ini tidak perlu dicetak lagi karena di Bandara cukup menunjukkan kode booking saja lewat Handphone. 

2. Check In
Bagi penumpang yang belum pernah naik pesawat harus paham terlebih dahulu istilah-istilah pada saat di Bandara termasuk Check In. Check In adalah pendaftaran ulang di Konter-konter maskapai di Bandara dengan cara menukar kode Booking dengan Boarding Pass. Boarding Pass adalah tiket yang sebenarnya untuk naik pesawat. Dalam Bording Pass sudah terdapat Informasi nama penerbangan, nomor kursi, dan sebagainya. Tempat duduk tidak bisa dipesan secara khusus sehingga kita tidak bisa memilih tempat duduk. 

Saat pertama kali masuk bandara, di depan pintu terdapat petugas yang akan cek kode booking kita. Cukup menunjukkan kode booking dari Handphone sudah akan dipersilahkan masuk. Kemudian ada pemeriksaan keamanan pertama. Disini barang-barang bawaah seperti tas ransel, koper, Handphone dan logam-logam dimasukkan kedalam metal detector. 

Setelah melewati pemeriksaan pertama langsung menuju konter sesuai dengan maskapainya untuk melakukan check In agar mendapatkan Boarding Pass. Tunjukkan kode booking dan Katu identitas (KTP). Bagi penumpang yang membawa Koper yang akan dimasukkan ke dalam bagasi langsung saja ditimbang di tempat check in. Jika melebihi 20 kg akan dikenakan biaya tambahan. 

Pada saat Chek In ini sudah tidak dikenakan biaya tambahan seperti tax airport karena sudah include dalam harga tiket pesawat. 

3. Boarding
Boarding adalah persiapan keberangkatan atau persiapan masuk ke dalam pesawat. Setelah mendapatkan boarding pass (tiket), menuju ke Boarding Room (Ruang tunggu). Untuk masuk ke boarding room harus melewati pemeriksaan keamanan kedua. Disini prosedur pemeriksaan hampir sama dengan pemeriksaan pertama. Pertama, tunjukkan Boarding pass (tiket) dan kartu identitas kepada petugas di tempat pemeriksaan. Kemudian, lepas semua jam tangan, dompet, ikat pinggang, handphone, dan logam-logam.

Pada saat masuk ruang tunggu lihat pada tiket pesawat nomor Gate. Sebaiknya duduk di ruang tunggu sesuai dengan nomor gate/ pintu. Tunggu panggilan dari petugas, Biasanya petugas akan menyebutkan nomor penerbangan, tujuan penerbangan, dan jenis maskapainya. Jika sudah ada panggilan segera masuk melalui Gate menuju pesawat. Duduklah sesuai dengan nomor kursi yang tertera dalam tiket. 

4. Take Off
Setelah semua penumpang lengkap di dalam pesawat, pramugari akan memperagarakan penggunaan alat keselamatan seperti sabuk pengaman, pelampung, masker oksiegen dan sebagainya. 

5. Landing
Pada saat akan mendarat biasanya pilot dan awak kabin akan memberikan informasi untuk mengencangkan sabuk pengaman dan membuka jendela pesawat. Biasanya pada saat akan mendarat telinga akan terasa berdengung dan nyeri akibat dari perbedaan tekanan udara. (Baca selengkapnya di Ini penyebab telinga berdengung saat di pesawat

Salah satu perbedaan pesawat dengan transportasi darat adalah lebih ontime sehingga diusahakan datang ke bandara dan chek in 1.5 jam sebelum keberangkatan agar tidak terlambat. Jangan sekali-sekali ragu menanyakan kepada petugas bandara atau petugas maskapai apabila ada hal yang tidak dimengerti. 
Demikian tips dari kami selamat jalan-jalan


Blog, Updated at: 23:58

0 comments:

Post a Comment

Follow

Fanspage