Tari Kecak di Uluwatu Bali dan indahnya sunset

Posted by

Advertisement

Bali merupakan pulau di Indonesia yang menyimpan sejuta tempat wisata dengan keindahan pantai dan budayanya. Siapa yang tidak kenal dengan Bali? Objek-objek wisata yang ada di Bali sudah sangat terkenal di dalam negeri dan manca negara. Bahkan sebagian besar dari wisatawan adalah turis asing. Tidak heran jika nama Bali sangat familiar di telinga para wisatawan asing. Selain keindahan pantai yang terkenal, tradisi tari dan budaya juga menjadi daya tarik wisatawan salah satunya adalah tari kecak. Tari kecak merupakan tarian tradisional yang sering mengundang banyak penonton karena memang nama tari kecak ini sudah sangat terkenal dan sudah menjadi ikonnya kebudayaan Bali. 
Fungsi tari kecak ini sebagai sarana hiburan sekaligus melestarikan kebudayaan di Bali. Biasanya dalam tari kecak terdapat beberapa tokoh pewayangan yang menceritakan kisah diculiknya Dewi Shinta oleh Rahwana dan usaha Rama dalam membebaskan Dewi Shinta. Selain itu terdapat tokoh wayang yang sudah sangat familiar yaitu hanoman. 

Tari kecak biasa dilakukan di beberapa daerah di Bali seperti Uluwatu, Garuda Wisnu Kencana, dan Gianyar. Uluwatu merupakan salah satu tempat pura di Bali yang berhadapan langsung dengan samudera hindia. Di sini biasa digelar pertunjukkan tari kecak tiap hari pukul 18.00 WITA. Apa yang istimewa dari tari kecak di Uluwatu ini? 

Saya sengaja mengagendakan untuk menonton pertunjukkan tari kecak di uluwatu pada hari sabtu. Untuk menuju Uluwatu sekitar hampir 2 jam dari kota Denpasar dan sampai di pura Uluwatu sekitar pukul 16.30 WITA karena memang acara mulai pada pukul 18.00. Disarankan untuk datang ke Uluwatu jangan terlalu mendadak karena jatah tiket dan tempat duduk sangat terbatas. Setelah sampai di tempat parkir, fasilitas lumayan lengkap seperti ATM dan tempat parkir yang luas. Untuk memasuki pura uluwatu diwajibkan membeli tiket awal 20.000/orang untuk turis domestik. Kita diwajibkan menggunakan kain yang sudah disediakan dipinggang. Untuk menonton pertunjukkan tari kecak, kita diwajibkan membeli tikel lagi seharga 100.000/orang. 

Setelah membeli tiket langsung dipersilahkan masuk ke tempat khusus pertunjukkan. Tempat duduknya permanen seperti di stadion sehingga cukup kondusif untuk menyaksikan tari kecak. Yang istimewa dari Uluwatu ini adalah tempat duduk berhadapan langsung dengan laut yang artinya bisa menyaksikan sunset ketika sore hari. Tidak heran jika pertunjukkan tari kecak di Uluwatu ini selalu ramai dan penuh dengan penonton bahkan banyak sekali penonton yang tidak kebagian tempat duduk. 







Pukul 18.00 WITA pertunjukkan dimulai dengan masuknya segerombol bapak-bapak sambil berteriak "cak cak cak"mengelilingi api seperti gambar di bawah ini. 

Yang menarik dari tari kecak ini adalah alur cerita yang disampaikan dan pembawaan dari penari yang sangat menjiwai tariannya. 
Gimana menarik bukan? jangan ragu lagi rencanakan liburan anda bersama keluarga. 


Blog, Updated at: 08:33

0 comments:

Post a Comment

Follow

Fanspage