Mendaki gunung Merbabu via jalur Wekas

Posted by

Advertisement

Pendakian gunung Merbabu selalu menjadi cerita menarik yang pantas diceritakan kembali ke anak cucu. Gunung Merbabu merupakan gunung yang favorit bagi pendaki-pendaki pemula. Selain jalur yang tidak terlalu sulit, puncak gunung juga tidak terlalu tinggi. saya yakin dari pembaca artikel ini sudah ada yang pernah mendaki gunung merbabu. Ada beberapa jalur yang bisa dilalui untuk mencapai puncak Merbabu antara lain
  1. Jalur Selo (boyolali)
  2. Jalur Wekas (Magelang)
  3. Jalur Cunthel (Magelang)
  4. Jalur Thekelan (Magelang)
  5. Jalur Swanting (Magelang, jalur baru)
Sesuai dengan judul artikel ini saya akan menceritakan sedikit pengalaman yang berkesan mendaki gunung Merbabu via jalur Wekas. Jalur wekas adalah jalur pendakian yang masuk dalam kategori medium karena tidak terlalu sulit dan tidak terlalu mudah. Cocok bagi pendaki pemula. Jalur ini melewati beberapa pemandangan yang sangat indah dengan trek-trek yang menguras tenaga kaki. Yang paling seru dari pendakian ini adalah banyak punggung dan lembah bukit yang harus dilalui sehingga terkesan naik turun. 

Wekas adalah salah satu nama daerah di Magelang yang menjadi basecamp pertama sebelum mendaki. Jika dari kota Yogyakarta sampai ke Wekas membutuhkan waktu sekitar 1 jam menggunakan motor. 

Perjalanan dimulai bersama rombongan dari kota Yogyakarta sekitar pukul 20.00 dan sampai di basecamp pukul 21.00. Di basecamp istirahat sebentar. Jangan lupa sebelum mendaki harus daftar terlebih dahulu per orang Rp. 10.000,- dan parkir motor Rp. 3000,-. Anda juga bisa pesan minum sambil istirahat sebentar di basecemp ini. Sekitar pukul 22.00 malam kami bersama rombongan memulai pendakian. 

Sedikit tips sebelum memulai pendakian adalah periksa kembali barang-barang yang diperlukan seperti tenda dome, matras, sleeping bag, air minum secukupnya. Tiap orang membawa 2 botol air mineral ukuran 1,5 liter agar tidak terlalu berat. Usahakan menggunakan sandal gunung atau sepatu gunung agar tidak tergelincir. 

POS II
Jalur pendakian wekas ini terdapat beberapa pos istirahat. Karena pos 1 sudah tidak digunakan lagi maka kami mendaki langsung ke pos II. Selama perjalanan menuju pos II banyak sekali tanah yang licin, untung saja menggunakan sandal gunung yang tidak mudah lepas. Sandal atau sepatu sangat membantu sehingga pendakian jadi lebih aman. Disarankan selama pendakian jangan terlalu banyak atau sering minum karena justru akan keluar keringat banyak dan mudah capek. Usahakan minum untuk menghilangkan rasa haus saja. 

Pendakian menuju pos II ditempuh dalam waktu kurang lebih 3,5 jam sehingga kami sampai di pos II sekitar pukul 01.30 dini hari. Di pos II ini areanya cukup luas sehingga bisa memilih tempat untuk mendirikan tenda. Perjalanan akan dilanjutkan esok hari sehingga harus istirahat untuk mempersiapkan tenaga menuju puncak kenteng songo. 
Mendirikan tenda

Sekitar pukul 05.00 pagi bersama rombongan siap-siap melanjutkan pendakian menuju puncak kenteng songo. Puncak tertinggi di Merbabu dengan ketinggian sekitar 3142 mdpl. Aktivitas pagi yang dilakukan di pos II adalah sarapan pagi dan menikmati pemandangan di sekitar pos II. 
Suasana di Pos II

Ngantri Foto :)

Siap melanjutkan pendakian

PUNCAK KENTENG SONGO
Sekitar pukul 07.00 kami bersama rombongan memulai pendakian menuju puncak. Perjalanan kali ini bisa sambil menikmati pemandangan karena dilakukan pada pagi hari. Yang menarik dari pendakian ini adalah selama perjalanan tidak berasa capek karena disuguhi pemandangan yang berbeda-beda. Walaupun sebenarnya perjalanan ini sungguh melelahkan bagi seorang pemula. Bagaimana tidak, untuk mencapai puncak merbabu harus melewati punggung dan lembah bukit berasa naik turun. 

Setelah pendakian selama 4 jam akhirnya sampai di Puncak Kenteng Songo dengan ketinggian 3142 mdpl. Hal pertama yang dilakukan setelah mencapai puncak adalah bersyukur bisa menikmati keindahan alam yang luar bisa tidak semua orang bisa saksikan. 
Puncak kenteng songo
Di atas awan

Jadi total waktu perjalanan dari mulai mendaki sampai di puncak kenteng songo sekitar 7,5 jam. Sedangkan untuk turun gunungnya mungkin hanya membutuhkan waktu sekitar 5 jam karena biasanya turun gunung lebih cepat. 
Bersama tim di puncak Merbabu 15 November 2015

TIPS-TIPS MENDAKI GUNUNG MERBABU
Sebagai closing dari artikel ini, saya bisa mengambil kesimpulan dan tips-tips bagi anda yang akan mendaki gunung Merbabu untuk pertama kalinya. 
  1. Siapkan fisik terlebih dahulu, minimal 1 minggu sebelumnya harus latihan fisik terutama kaki. Bisa joging atau lari. Hal ini dilakukan agar tidak kaget apabila sudah mendaki. 
  2. Pastikan bersama tim yang solid. jangan sekali-sekali nekat mendaki sendiri. Tim yang solid harus terdiri dari 1 leader yang pernah mendaki di Merbabu sebelumnya.
  3. Membawa bekal yang cukup seperti minuman air mineral 1.5 liter 2 botol. Jangan terlalu banyak karena akan membebani. 
  4. Membawa sarung tangan dan perlengkapan-perlengkapan seperti sleeping bag, sarung tangan, matras dan sebagainya.
  5. Jika sudah capek dalam perjalanan sebaiknya istirahat terlebih dahulu. Jangan terlalu memaksa. 
  6. Jangan terlalu banyak minum karena semakin banyak minum semakin banyak keringet yang keluar. Minum secukupnya saja. 
  7. Jangan lupa membawa madu agar kondisi badan tetap fit. 
  8. Perlengkapan yang paling penting adalah sepatu gunung atau sandal gunung. Jangan sekali-sekali menggunakan alas kaki biasa atau tanpa alas kaki. 
Demikian artikel Mendaki gunung Merbabu via jalur Wekas semoga memberikan informasi yang bermanfaat.


Blog, Updated at: 09:40

0 comments:

Post a Comment

Follow

Fanspage