Ini penyebab telinga berdengung saat di pesawat

Posted by

Advertisement

Pernah merasakan telinga berasa sakit saat di pesawat? Telinga berdengung merupakan gangguan sementara yang dialami seseorang saat terbang dan akan mendarat. Namun tidak semua orang bisa merasakannya karena tergantung dari kondisi telinga masing-masing orang. Telinga yang berdengung bisa menyebabkan rasa nyeri yang tidak nyaman saat melakukan penerbangan ke suatu tempat. Rasa nyeri ini hanya pada kondisi tertentu ketika akan mendarat di bandara. Apalagi saat berputar-putar menunggu antrian untuk mendarat. Namun tidak perlu khawatir karena rasa nyeri pada telinga tersebut hanya sementara dan bisa diatasi dengan cepat. 

Telinga berdengung saat di pesawat juga saya alami ketika melakukan penerbangan terutama untuk tujuan denpasar, Bali. Entah mengapa kalau di tempat tujuan lain saya sama sekali tidak merasakan telinga berdengung. Sudah beberapa kali saya melakukan penerbangan ke Denpasar dengan berbagai macam maskapai namun tetap saja merasakan nyeri ditelinga. Kemudian saya menanyakan ke teman-teman yang sering melakukan penerbangan ke sana ternyata tidak hanya saya yang merasakan telinga berdengung. 

Beberapa informasi dari berbagai sumber mengatakan bahwa penyebab dari telinga berdengung saat di pesawat adalah adanya sumbatan pada saluran tuba yang berada di telinga. Tuba eustachius adalah saluran yang dimulai dari telinga tengah dan berakhir di belakang hidung atau di daerah pangkal tenggorok. Saluran ini berfungsi untuk menyeimbangkan tekanan udara di telinga tengah dan tekanan udara di luar. Bila terjadi perbedaan tekanan maka saluran ini akan membuka dan membiarkan udara masuk ke telingan tengah sehingga tekananan menjadi seimbang. Sehingga sudah bisa dipastikan penyebab telingan berdengung karena adanya perbedaan tekanan udara di tengah telinga dengan tekanan udara di luar. 

Telinga berdengung sering terjadi saat akan landing atau mendarat namun bisa diatasi dengan beberapa cara mudah berikut ini. 

1. Menghembuskan nafas dengan hidung dan mulut ditutup
Cara mudah mengatasi telinga berdengung saat di pesawat bisa dengan menutup hidung dan mulut kemudian menghembuskan nafas dari dalam sehingga hembusan nafas bisa keluar dari telinga dan mendorong sumbatan pada telinga. Pada kasus sebagian orang treatment ini tidak bisa menyembuhkan  sehingga perlu dilakukan langkah berikutnya. 

2. Tisu dan Air panas
Cara mengatasi telinga berdengung bisa dilakukan dengan beberapa alat antara lain tisu, gelas, dan air panas. Cara ini sedikit repot namun biasanya akan berhasil. Ambil air panas ke dalam gelas kemudian celupkan tisu ke air panas. Dekatkan tisu tersebut ke telinga sehingga uap panasnya akan masuk ke dalam telinga yang akan mengatasi sumbatan dalam telinga. 

3. Makan permen
Cara untuk mencegah agar tidak terjadi telinga berdengun saat di pesawat adalah dengan makan permen karet. Permen karet akan merangsang keluarnya ludah dan menelannya. Dengan menelan ludah sering-sering akan mengurangi dampak telinga berdengung.

4. Menguap
Cara ampuh mengatasi telinga berdengung adalah menguap. Dengan menguap sumbatan pada telinga akan hilang.

5. Menggunakan earphone
Biasanya untuk mencegah terjadinya telinga berdengung saat naik pesawat adalah memakai earphone. Alat ini akan mencegah terjadinya telinga nyeri apabila masuk ke zona bertekananan beda.

Telinga berdengung akan menyebabkan nyeri dan pendengaran sedikit berkurang untuk sementara waktu. Bagi anda yang tidak biasa mengalami hal ini atau pertama kali penerbangan sebaiknya membawa earphone untuk menutup telinga. Demikian sedikit tips dari saya. 


Blog, Updated at: 12:10

0 comments:

Post a Comment

Follow

Fanspage