Indahnya wisata kawah putih di Bandung

Posted by

Advertisement

Liburan kali ini saya akan berkunjung ke daerah wisata yang lumayan sudah terkenal di Jawa Barat yaitu kawah putih. Kawah putih merupakan kawasan wisata yang menarik perhatian pengunjung cukup banyak baik domestik maupun wisatawan asing. Apa yang menarik di kawasan wisata ini? Sesuai dengan judul artikel ini, kawasan wisata ini memiliki kawah putih yang sangat indah dan menawan. Cocok bagi traveler yang suka berfoto ria dengan background pemandangan yang indah dan unik. Mengapa saya bilang unik? Karena tidak semua tempat wisata pegunungan di Indonesia yang memiliki kawah yang indah dan aman bagi pengunjung. Bagi anda yang berminat berkunjung tidak perlu kawatir, artikel ini akan mengulas dan memberikan sedikit gambaran kondisi tempat wisata ini. 

Kawah putih adalah sebuah danau yang terbentuk akibat letusan gunung Patuha. Banyak mitos yang berkembang di masyarakat gunung Patuha sebelum abad ke 19 yang akhirnya sampai sekarang berkembang menjadi kawasan wisata yang berhasil dikembangkan oleh pemerintah daerah. Kawah putih ini terletak di Jalan Raya Soreang Ciwidey KM 25,  Kabupaten Bandung, Jawa Barat sekitar 40 KM dari pusat kota Bandung. 



Lokasi wisata ini berada pada ketinggian 2194 mdpl sehingga suhu udara di kawah putih bisa mencapai 9-22 derajat celcius. Tentu salah satu daya tarik wisatawan adalah udara yang dingin dan fresh di tempat ini yang menjadikan kawah putih sering digunakan sebagai kegiatan kumpul keluarga, foto prewedding, pembuatan film, dan sebagainya. 

Fasilitas di Kawa Putih Bandung
salah satu cara mengembangkan tempat wisata ini adalah dengan memberikan fasilitas-fasilitas bagi pengunjung. Saat saya berkunjung di kawah putih ini terdapat beberapa fasilitas yang sudah di jalankan antara lain
  1. Area parkir yang sangat luas
  2. Tempat ibadah mushola
  3. Transportasi dari gerbang depan sampai dengan kawah. Fyi, jarak antara gerbang depan dengan kawah sekitar 5 km.
  4. Pusat informasi
  5. Restoran atau rumah makan
  6. Toilet
Harga Tiket
Harga tiket masuk di wisata kawah putih ini berkisar antara 18.000 untuk wisatawan domestik sedangkan untuk wisatawan asing sekitar 50.000. Harga berlaku sama untuk weekday maupun weekend. Transportasi dari pintu gerbang ke kawah menggunakan ontang anting. Ontang anting adalah kendaraan yang digunakan khusus untuk mengantar dari gerbang ke kawah atau sebaliknya. 

Harga parkir atas 
Roda empat : 150.000
Motor          : 35.000

Harga parkir bawah

Roda empat : 6.000
Motor          : 5.000
Bus              : 25.000

Cara menuju lokasi dari stasiun
Banyak jalan yang bisa ditempuh untuk menuju kawasan wisata kawah putih ciwidey ini. Beberapa backpacker lebih sering menggunakan kereta api. Jika anda menggunakan kereta api silahkan turun di stasiun.
  1. Dari pinggir jalan kebon kawung dekat stasiun, naik angkot jurusan Sadang Serang- Caringin berwarna biru-hijau 34 dan turun di jalan kopo.
  2. Di jalan kopo naik angkot elf/colt L300 jurusan Bandung- Ciwidey. Atau bisa menunggu bus Bandung-Ciwidey yang turun di terminal ciwidey.
  3. Di terminal Ciwidey naik angkot berwarna kuning jurusan Ciwidey-Patengang dan turun di kawah putih.
Tips berwisata di kawah putih ciwidey Bandung
  1. Udara di kawah putih sangat dingin sehingga disarankan menggunakan jaket. 
  2. Walaupun udara dingin namun sengat matahari akan tetap merusak kulit sehingga disarankan menggunakan sunblock
  3. Untuk berjaga-jaga bawalah masker apabila anda tidak kuat dengan bau belerangnya.
  4. Jangan terlalu lama di kawah karena bau belerang menyengat
  5. Sebelum datang ke lokasi usahakan mencari informasi penginapan di sekitaran lokasi terlebih dahulu.
  6. Jangan lupa membeli oleh-oleh untuk keluarga di rumah. :)


Blog, Updated at: 23:28

0 comments:

Post a Comment

Follow

Fanspage