wisata malam di alkid jogja

Posted by

Advertisement

Yogyakarta merupakan kota wisata yang terkenal karena beberapa budaya dan tradisinya. Banyak sekali wisata-wisata yang ada di yogyakarta baik di kota jogja, sleman, gunung kidul, maupun kulon progo. Pada kesempatan ini saya akan menggali lebih jauh tentang wisata malam yang ada di yogyakarta khususnya di Alun-alun kidul kraton Yogyakarta atau lebih dikenal dengan nama alkid. Alkid merupakan alun-alun yang terletak di sebelah selatan keraton yogyakarta. Lokasinya sangatmudah dijangkau apalagi kondisi saat ini sudah banyak sekali wisatawan yang mengunjungi alkid jogja. 

Alkid jogja mempunyai ciri khas khusus antara lain dua pohon beringin yang ada ditengah alkid, becak/sepeda hias, Jajanan-jajanan khas, dan sebagainya. Alkid biasanya ramai pengunjung pada saat sore hari dan malam hari. Jika anda berniat sekedar refreshing di keramaian dan menikmati udara sore dan malam hari di jogja sebaiknya datang kesini. Tapi ingat, jangan siang hari karena pastinya akan panas. 

Alkid jogja ini juga sering digunakan untuk acara-acara publik seperti konser musik, acara pengajian akbar, tempat berkumpulnya massa dan sebagainya. Puncak keramaian biasanya pada malam pergantian tahun baru. Di malam tahun baru anda akan menyaksikan lautan manusia yang sedang menunggu pergantian tahun baru. 

Jika anda kesulitan menemukan lokasi alkid, saya akan memberikan petunjuk arah dari Tugu Jogja. Tugu jogja ke selatan ikuti jalan sampai jembatan kali code, ambil posisi kanan di traffic lamp. Belok kanan dan masuk arah Malioboro. Di Jalan malioboro, anda akan dimanjakan beberapa toko oleh-oleh dan keramaian wisatawan dan gemerlap lampu-lampu malam yang khas di jogja. Jl, Malioboro lurus terus sampai perempatan Nol kilometer. Di Nol kilometer tentu banyak anak-anak muda yang sedang nongkrong dan menikmati suasana malam di jogja. Perempatan nol kilometer belok kiri sampai perempatan jl mataram lalu belok kanan lurus terus sampai jalan brigjend katamso. Sampai perempatan belok kanan dan lurus. Di kanan jalan anda akan menemukan gapura keraton lalu belok kanan dan sampai di Alun-alun kidul. Lengkapnya bisa cek gambar peta jogja di bawah ini. 


Apa yang khas wisata malam di alun-alun kidul ini?

1. Lewat di antara dua pohon beringin kembar
Di Kota jogja yang terkenal adalah mitos pohon beringin ini. Ada apa dengan pohon beringin? Masyarakat sekitar meyakini bahwa di antara pohon beringin terdapat jimat yang mampu menolak bala. Selain itu,pada jaman kejayaan keraton dahulu juga terdapat tradisi masangin yang diadakan tiap malam 1 suro. Mulai dari situlah, para wisatawan mulai mencoba tradisi menutup mata dengan kain dan berjalan untuk melintasi dua pohon beringin. Mitosnya jika mampu melewati dua pohon beringin dengan mata tertutup akan dikabulkan doa-doanya. Banyak wisatawan yang berulang kali mencoba. Percaya atau tidak hal ini dapat mengundang penasaran para wisatawan untuk mencoba lagi dan lagi. 

Jika anda berminat ingin mencoba, saya sarankan untuk membawa kain sendiri penutup mata. Walaupun disana biasanya ada orang yang menyewakan kain penutup mata. Selamat mencoba. 
Wisata malam jogja

2. Sepeda tandem dan mobil kayuh
Yang bikin makin rame pengunjung di alun-alun ini adalah adanya persewaan sepeda tandem dan mobil kayuh yang dihiasi berbagai lampu sehingga terlihat unik dan menarik pada saat malam hari. Anda cukup membayar sekitar 10-20 ribu untuk beberapa putaran alun-alun. Siapkan fisik anda untuk mengayuh karena tidak seringan yang dibayangkan. Ajak family, teman, pacar dan sahabat naik mobil kayuh ini untuk berselfie bersama. Selamat menikmati. 

3. Jagung bakar dan wedang ronde
Beberapa jajanan yang khas di alun-alun ini adalah jagung bakar dan wedang ronde. Bagi anda yang sekedar nongkrong bersama keluarga dan menikmati suasana malam hari di jogja bisa sambil minum wedang ronde. Apalagi udara dingin di jogja semakin nikmat sambil makan jagung bakar bersama keluarga tercinta. Harga jajanan-jajanan di sini sangat terjangkau dibanding kota-kota lain. 

Masih banyak lagi yang unik untuk wisata malam di jogja. Semakin hari semakin banyak potensi wisata yang bermunculan. Tidak ada salahnya jika anda punya waktu berlibur untuk datang ke jogja dan rasakan sensasi suasana jogja di malam hari. 

Ada beberapa kesan dari kawan-kawan yang berasal dari luar jogja. Pertanyaan saya waktu itu hanya simpel "Apa yang membuatmu pengen balik ke jogja lagi?" jawaban mereka pun juga simpel tapi mempunyai makna mendalam yaitu "Suasana". Silahkan rasakan sendiri suasana yang ada di jogja. Selamat berlibur. Jogja never ending. 


Blog, Updated at: 17:31

0 comments:

Post a Comment

Follow

Fanspage