Wisata ke Rumah Kamera Magelang

Posted by

Advertisement

Salah satu tempat berkesan dan unik di daerah magelang adalah Rumah Kamera. Rumah kamera atau house of camera adalah sebuah museum yang menyajikan beberapa lukisan unik dan studio foto. Ada yang unik dari tempat ini yaitu bentuk bangunan yang dibuat menyerupai kamera DSLR berukuran sangat besar. Selain itu terdapat bangunan di sebelahnya yang digunakan sebagai foto studio. Foto studio yang sering digunakan pengunjung di sini adalah studio kaca. Studio ini dikelilingi kaca cermin yang dikombinasi dengan variasi pencahayaan sehingga menimbulkan efek kamera yang unik. Rumah kamera magelang ini pun pernah beberapa kali ditayangkan di media-media nasional atau tv nasional.

Rumah kamera magelang
Rumah kamera magelang terletak di desa Majaksingi kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Tidak sulit untuk menemukan rumah kamera magelang ini. Jika anda sudah pernah ke Candi Borobudur maka sangat mudah untuk menuju ke rumah kamera. Dari pertigaan Borobudur, belok kekiri dan lurus terus sekitar 2 km. Rumah kamera ada disebelah kiri jalan. 

Jika anda berlokasi di Yogyakarta maka perjalanan bisa ditempuh dalam waktu 1 jam. Rute perjalanan dari yogyakarta ke Rumah kamera magelang adalah via Jl. Magelang-Yogyakarta dengan panjang rute 31 km. Rute yang digunakan ini sama dengan arah ke Candi Borobudur. Berikut suasana rumah kamera magelang saat berkunjung ke sana. 

Di lantai 1 rumah kamera magelang ini adalah lukisan-lukisan dengan berbagai tipe seperti gambar di atas. Di sini juga disediakan kursi dan meja untuk berfoto ria dengan kombinasi pencahayaan yang bagus. 


Jika kita naik ke lantai berikutnya akan disediakan lukisan-lukisan yang menempel di dinding. Pada puncak bangunan rumah kamera ini terdapat deretan kunci gembok. Entah fungsinya apa saya pura-pura tidak tahu.?"

Setelah puas menikmati suasana dan keindahan lukisan di rumah kamera magelang ini selanjutnya adalah bergeser ke bangunan sampingnya yaitu foto studio. Pada saat saya berkunjung, kondisi bangunan belum sempurna 100% sehingga tampilan dari luar masih belum dicat. Di dalam studio foto terdapat 3 tingkat dimana tiap tingkat mempunyai efek yang berbeda-beda. Harga tiket untuk masuk ke studio foto ini tidak terlalu mahal. Untuk tiap tingkatnya cukup membayar 15.000. Sedangkan tiket masuk untuk rumah kamera hanya 5000. Jika anda ingin mengunjungi semua cukup membayar 50.000 saja per orang. 

Studio foto yang sering banyak digunakan untuk foto adalah studio kaca. Di dalam ruangan kira-kira 1,5x1,5 m ini dipasang kaca cermin di sisi depan, kanan, kiri, belakang dan atas dengan kombinasi pencahayaan yang berbeda-beda dan unik. Anda diberi waktu lumayan lama sekitar 15 menit untuk berfoto ria di dalam ruangan penuh cermin. 

Rasanya tidak afdol jika saya tidak mengungkap pemilik bangunan rumah kamera magelang ini. Pemilik dari museum lukisan ini adalah Tanggol Angien Jatikusumo. Pak tanggol adalah seniman lukis yang berasal dari Semarang dan telah lama tinggal di Bali. Beliau juga memperoleh banyak penghargaan di bidang seni. Tidak ada salahnya jika anda meluangkan waktu liburan untuk mengunjungi tempat wisata yang unik ini. 


Blog, Updated at: 05:43

0 comments:

Post a Comment

Follow

Fanspage