Cara membuat daging sapi dan kambing lebih empuk

Posted by

Advertisement

Daging merupakan makanan berprotein tinggi yang biasa dikonsumsi oleh sebagian besar masyarakat indonesia setiap hari raya idul adha. daging sapi atau kambing akan menjadi lezat jika pengolahannya enak. Yah, beberapa kendala yang sering terjadi di masyarakat adalah daging susah sekali empuk walaupun direbus lumayan lama. Apalagi di saat-saat hari raya idul adha seperti saat ini. Pada kesempatan kali ini ijinkan saya untuk sharing cara agar daging lebih empuk dan enak. Salah satu masakan favorit dari daging sapi maupun kambing adalah sate. Bagaimana kalau ternyata sate yang kita buat kurang empuk dan susah matang? Sebenarnya tidak ada yang salah dari cara membuat sate karena hal itu sudah umum. Yang kurang adalah treatmennya sebelum di sate. Beberapa bahan dan alat yang perlu disiapkan adalah daging, baskom, pisau, dan nanas. Lhoh kenapa ada buahnya? ya buah ini merupakan kunci dari ramuan yang membuat daging lebih empuk yang sudah dibuktikan dari nenek moyang. 

Buah nanas merupakan buah yang kaya dengan vitamin A dan juga vitamin C sebagai kandungan antioksidan selain itu kandungan magnesium, zat besi, natrium, sukrosa, fosfor, kalsium, dekstrosa dan juga enzim bromelain yang berkhasiat dalam mencerna makanan di lambung dan juga menghambat sel kanker. Saya kira manfaat untuk kesehatan sebagian besar orang sudah mengetahui. Nah yang akan kita bahas kali ini adalah khasiatnya dalam mengubah daging menjadi lebih empuk dan tidak prengus. Namun yang disarankan di sini adalah nanas muda. Nanas muda di sini terlihat dari kulitnya yang masih hijau dan berbau asam.Berikut cara agar daging menjadi lebih empuk.
  1. Iris daging kecil-kecil seperti sate. Jangan dicuci terlebih dahulu dagingnya agar tidak bau.
  2. Parut nanas muda tadi. Tidak perlu terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit. Disesuaikan dengan dagingnya.
  3. Campurkan parutan nanas tadi ke dalam daging dan campur sampai nanas menyelimuti seluruh permukaan daging.
  4. Jika yang digunakan nanas muda maka proses pengempukkan akan menjadi lebih cepat sekitar 5 menit. Namun jika bukan nanas muda akan menjadi lebih lama tentunya.
  5. Setelah didiamkan beberapa menit daging sudah bisa dimasak atau disate.
Secara awam mungkin aneh daging yang begitu banyak seratnya kenapa mudah sekali diempukkan dengan buah. Penjelasannya sebagai berikut. Buah nanas mengandung enzim bromelain, (enzim protease yang dapat menghidrolisa protein, protease atau peptide), sehingga dapat digunakan untuk melunakkan daging.Enzim bromelain mencerna protein di dalam makanan dan menyiapkannya agar mudah untuk diserap oleh tubuh. Nanas juga dapat digunakan untuk mengempukkan daging. Demikian tips dari saya. terimakasih.


Blog, Updated at: 14:33

0 comments:

Post a Comment

Follow

Fanspage